Categories
Parenting

Main Cetak Warna

Bagi anak usia dini, bermain merupakan suatu proses belajar untuk merangsang kecerdasannya: melatih otot-otot, mengeksplorasi dunia sekitar,mengasah indra, menguasai bahasa, bersosialisasi, bernalar, dan mengenal diri sendiri. Banyak permainan mencerdaskan yang sangat menyenangkan untuk anak dan orang tua, yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah. Sempatkan paling tidak 10 menit sehari. No gadget, no TV!

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

PERALATAN Cat poster non-toksik, spons, dan karton PANDUAN BERMAIN 1. Buatlah gambar binatang ukuran besar di atas karton. Untuk membuat bentuk yang sederhana, semisal kura-kura, cukup gambar lingkaran, kemudian beri kepala, kaki dan tangan. 2. Ajarkan pada anak untuk mengisi bidang kosong di punggung kura-kura dengan menggunakan spons yang dicelupkan cat air. Tekan spons hingga meninggalkan bercak pada punggung kura-kura. Lakukan sampai punggung kura-kura terisi penuh dengan warna dan motif tertentu. 3. Selain kura-kura, Mama dan Papa juga bisa membuat gambar sapi atau pohon, kemudian minta anak mengisi bagian-bagiannya dengan cara yang sama. 4. Saat anak asyik bermain, berikan pemahaman dan wawasan tentang apa yang diwarnainya. Misal, apa saja makanannya, di mana tempat hidupnya, bagaimana suaranya dan sebagainya. Selain itu, jelaskan tentang pewarna yang digunakan, bagaimana proses pengeringannya, dan sebagainya. 5. Biarkan imajinasi anak tentang warna berkembang dan jangan dibatasi atau diatur-atur.

Kecerdasan Yang Dikembangkan

? KECERDASAN BAHASA Ada dialog antara orangtua dan anak sehingga kosakata yang dimiliki anak makin bertambah. Minta anak untuk menjelaskan apa yang sedang dilakukan. ? KECERDASAN KINESTETIK JASMANI Mengembangkan kemampuan mo torik halus karena anak harus bisa menekan spons dengan tepat, supa ya catnya tidak meleber ke mana mana. ? KECERDASAN NATURAL Mengembangkan pemahaman tentang basah-kering dan kemampuan memilih warna. Mengembangkan pemahaman tentang cara lain untuk mewarnai selain dengan spidol dan pensil warna seperti yang mungkin dilakukannya selama ini. ? KECERDASAN VISUAL-SPASIAL Dengan memberikan warna pada bidang yang telah disediakan, anak belajar memahami batas “wilayah”, belajar me lihat ukuran besar dan kecil dari suatu bidang.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *