Categories
Parenting

ASI Lancar dan Badan Langsing

Dengan memerhatikan makanan yang akan dikonsumsi, cara memasaknya, disertai aktivitas fisik, mama bisa sukses menyusui dan langsing pun didapat. Saat hamil, BB Mama memang harus naik demi optimalisasi tumbuh kembang janin, demi mengoptimalkan pertumbuhan rahim sebagai “rumah si kecil”, dan untuk peningkatan volume darah Mama.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Dengan naiknya BB selama hamil, Mama juga bisa mempunyai cadangan gizi untuk persiapan masa menyusui. Jadi wajar dan normal, bila usai bersalin, kondisi tubuh Mama tidak selangsing seperti di masa lajang. Lagi pula, lihat sisi baiknya Ma, berubahnya kondisi tubuh Mama, akan terbayar dengan ASI lancar dan si kecil tumbuh sehat. Kabar bahagia lainnya, jika Mama memberikan ASI, justru harapan untuk bisa kembali ke kondisi tubuh seperti sebelum hamil dapat terwujud.

ZAT GIZI YANG DIBUTUHKAN Nah, pertanyaan selanjutnya bagaimana agar mama bisa tetap menyusui, namun BB tak naik dratis? Prinsipnya, Mama harus memerhatikan pemenuhan asupan nutrisi dasar, yang dikenal dengan istilah gizi seimbang. Ini artinya Mama perlu makan sesuai kebutuhan dan dengan asupan gizi lengkap: cukup kebutuhan kalori, cukup kebutuhan protein, cukup kebutuhan lemak, cukup kebutuhan vitamin dan mineral. Berikut yang diperlukan Mama menyusui untuk ASI berkualitas dan agar dapat lebih langsing: ?

Kalori untuk energi Mama bisa didapatkan dari karbohidrat kompleks, disarankan yang bersumber dari bahan makanan, seperti: beras/nasi merah atau kacang hijau. ? Kecukupan nutrisi vitamin dan mineral, bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran segar, yang juga merupakan sumber serat. Serat, terutama penting bagi kesehatan pencernaan. Jika pencernaan sehat dan baik, maka penyerapan aneka zat gizi yang didapatkan tubuh dari aneka makanan bisa optimal. ?

Asupan protein sebaiknya diperoleh dari bahan makanan hewani. Pasalnya, asam amino yang bersumber dari hewan lebih mudah diubah menjadi protein yang sesuai dengan tubuh manusia, dibanding yang bersumber dari tumbuhan. Protein berfungsi sebagai zat pembangun, regenerasi sel, dan untuk mencukupi kebutuhan energi di saat terdesak. ?

Perbanyak asupan cairan. Karena 87% kandungan ASI adalah air. Minimal Mama minum 8 gelas/hari. Kecukupan air dalam tubuh juga penting bagi kesehatan dan kecantikan Mama. Kekurangan air, selain akan berpengaruh pada produksi ASI, juga membuat Mama lesu dan loyo, kulit jadi kering, dan cepat sakit.

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *