Latihan Keras, Anak Menjadi Luar Biasa Bagian 2

Ketika ia menonton tayangan di televisi dan mendengar percakapan, tagline, atau kalimat tertentu yang menarik, ia akan cepat menirunya dengan gaya dan intonasi yang persis sama. Di rumah pun, ketika berbicara, ia melakukannya dengan lancar, mudah memberi alasan-alasan, sering berbicara dan sulit dihentikan, serta lainnya. Demikian pula dengan bakat lain, entah itu melukis, bermain musik, bernyanyi, dan lainnya. Mama Papa dapat memberikan percobaanpercobaan kecil, seperti: memberikan kertas dan pensil warna.

Anak yang berbakat melukis biasanya memiliki kualitas garis yang lebih baik, lebih lurus, halus, dan kuat. Ia pun mengerti warna, komposisi warna, perpaduan warna, sehingga hasilnya akan terlihat lebih bagus dibandingkan anak lain. Berikan juga peralatan musik, ajak ia bermain musik bersama. Ketika ia mudah memahami not-not balok, koordinasi jari dan rasa saat memetik gitar berjalan cukup baik, mungkin saja ia berbakat di bidang musik. Intinya, lakukanlah percobaan atau uji coba di rumah untuk mendeteksi dimana sebenarnya potensi dan bakat anak.

Konsultasi Ahli

Mungkin Mama Papa kesulitan atau bingung mengamati bakat anak karena eksplorasi yang dilakukan tidak cukup baik. Bila demikian, berkonsultasilah ke ahli, seperti psikolog atau pendidik. Mereka akan melakukan observasi dan beberapa tes bakat untuk “membaca” di mana potensi anak, apakah di bidang kinestetik yang terkait dengan ­ sik ataukah kognitif, yakni di bidang ilmu pengetahuan. Dari hasil tersebut akan diketahui bakat dan potensi yang dimiliki anak.

Tak hanya itu, para ahli ini pun biasanya memberikan arahan dan solusi bagaimana cara mengembangkan bakat anak supaya tumbuh optimal. Konsultasi ini sangat penting supaya Mama Papa memahami bakat anak dan melakukan yang terbaik buat mereka mengembangkannya. Sangat disayangkan jika ketidaktahuan orangtua membuat anak tidak dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *