Masa depan tersangkut tahun 1968

Menurut Kirchner, mobil tanpa sopir akan terlihat di jalanan lima tahun lagi. Prediksinya itu sesuai dengan perkiraan para pelaku industri otomotif, sehingga wajar kalau Mercedes berencana meluncurkan produk mobil tanpa sopirnya akhir dekade ini. Di Milton Keynes, sebuah kota di Inggris, sebanyak 20 mobil otomatis akan segera beroperasi pada tahun 2015 dan akan bertambah menjadi 100 unit pada tahun 2017 dan seterusnya.

Masa depan mobil tanpa sopir masih tersangkut kesepakatan internasional. Pasal 8 Vienna Convention on Road Traffic 1968 yang berbunyi “Setiap pengemudi harus bisa me-ngontrol secara konstan kendaraannya” masih berlaku. Oleh karena itu, sistem otomatis seperti park distance control atau Stop and Go Wizard boleh digunakan dengan kepastian pengemudi bisa mengambil alih kendali kendaraan setiap saat.

Regulasi Uni Eropa yang berbunyi “Sistem kemudi otomatis dilarang” juga perlu disesuaikan. Mercedes memprediksi penyesuaian itu bisa selesai dalam tiga atau empat tahun mendatang. Namun, bahkan dengan pedoman baru dan kotak hitam untuk merekam semua data kamera dan sensor, pertanyaan mengenai siapa yang harus bertanggung jawab ketika terjadi kecelakaan masih menjadi persoalan. Pemilik mobil kah atau produsen?

INDERA DRONE Agar sebuah drone (dalam contoh di sini Parrot AR.Drone 2.0) bisa terbang dengan stabil secara mandiri, diperlukan sensor untuk kontrol penerbangan, sebuah GPS, radio komunikasi, serta kom puter on board.

PANDANGAN PANORAMA DARI DALAM MOBIL Mobil sering kali melakuan gerakan kompleks yang perlu direkam secara realtime. Untuk keperluan tersebut, biasanya digunakan multikamera dan sistem radar seperti Intelligent Drive pada Mercedes S 500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *