Olahan Tepat Hilangkan Kesan Padat

Pekerjaan menuntut pasangan muda Pramudia Utama Sofyan (28) dan Senni Tamara (26) berpindah dari ibukota ke kota Bogor pada akhir tahun 2012. Di rumah mungil yang sejuk dan asri inilah mereka merajut keharmonisan keluarga kecil, bersama sang buah hati yang baru beranjak setahun, Kylie Shohreh Soofy. Namun, pekerjaan juga yang pada akhirnya memaksa mereka menjual rumah di kawasan Rancamaya Bogor ini untuk pindah ke pusat kota Bogor yang lebih dekat dengan kantor Pram, sang suami. Sebelum berpisah dengan rumah ini, Pram dan Senni berbagi inspirasi tentang rumah mungil mereka.

Membangun Ruang servis

Hujan sedang turun membawa udara sejuk di kediaman Pram dan Senni. Begitu menjejakkan kaki ke ruang keluarga, udara luar yang sejuk ini terbawa ke dalam rumah berkat langit-langit yang tinggi. Didukung oleh suasana serbaputih dan bentuk ruang utama yang minim sekat, rumah ini tetap terasa plong meski bangunannya hanya berluas 100m².

Secara umum, terdapat dua area utama yang memisahkan fungsi ruangan di dalam rumah. Area depan terdiri dari ruang keluarga, ruang bermain anak, ruang tidur utama, dan ruang tidur tamu. Sedangkan area belakang terdiri dari dapur, ruang makan, dan ruang servis. Area ini semula merupakan area taman, yang dirancang dan direnovasi sendiri oleh Pram dan Senni untuk memperoleh area ekstra, yang dibuat menjadi area servis. “Semuanya dilakukan sendiri, dari mencari ide, merancang, sampai renovasi. Kami jadi bisa menggunakan berbagai ide, misalnya memanfaatkan atap yang tinggi jadi gudang,” tutur Senni.

Dominasi Putih Beraksen Cerah

Menguatkan teori tentang warna muda sebagai pencipta efek luas, pasangan ini memilih putih sebagai warna utama di dalam rumah. Warna ini diaplikasikan ke dalam berbagai aspek ruangan, dari dinding, plafon, furnitur, hingga soft furnishing. Untuk menghadirkan sentuhan kehidupan sekaligus penanda fungsi ruangan, warna aksen digunakan pada masing-masing ruangan. “Warna-warna aksen seperti merah pada ruang keluarga dan hijau pada dapur, kami gunakan supaya ada atmosfer baru pada masing-masing ruangan,” Senni menjelaskan.

Warna aksen ini diaplikasikan pada aksesori ruangan dan furnitur, dengan komposisi yang pas, sehingga tak mendominasi ruangan. Didukung dengan pemilihan furnitur yang sesuai dengan selera Pram dan Senni, rumah ini tampil lebih personal dan fungsional, tanpa kehilangan unsur estetikanya. Dengan pengolahan yang tepat, hunian mungil ini dapat tampil lebih luas dan mampu memenuhi segala kebutuhan penghuni dengan baik.

Agar kenyamanan rumah bisa tetap terjaga perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Merk genset yang berkualitas adalah genset Yanmar, Harga genset Yanmar murah bisa didapatkan melalui Suplier resmi genset Yanmar 1000 Kva Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *