Targeting Ads

“Kami membantu Anda untuk berkomunikasi dengan pengguna yang tepat,“ demikian bunyi iklan Facebook. Maksudnya adalah iklan dan posting-an iklan hanya dilihat oleh pengguna yang Anda inginkan. Untuk itu, tersedia banyak kemungkinan, untuk membatasi sasaran. Dibandingkan dengan platform iklan lain, iklan Facebook memang lebih sedikit di-klik, namun video dan pesan iklan yang ditampilkan melalui Newsfeed lebih efektif. Inilah yang menjadi modal terbesar Facebook dalam dunia iklan online. Bagaimana memanfaatkannya, juga tak mudah.

Oleh karena itu, berkembang perusahaan konsultan yang membantu mengenalkan Facebook. Sebagian dari konsultan tersebut juga merupakan bagian dari model bisnis Facebook. “Kami membantu brand dan agensi yang ingin memperoleh profit dari jaringan sosial media,“ ungkap Alexander Peiniger. Bersama perusahaannya, Quintly, ia mengukur keberhasilan profile perusahaan dalam jaringan sosial media. Mereka menyediakan virtual tool yang dapat merekam pola pengunjung. “Kami menunjukkan seberapa besar angka penggemar, seberapa kuat perkembangannya dalam negara tertentu dan dari mana saja mereka datang.“

Efek kampanye iklan nantinya dapat diukur dan kemudian dioptimalkan. Ini sangat membantu perusahaan dan meningkatkan nilai Facebook sebagai platform iklan. Termasuk pula perusahaan yang ingin mencari konsumen walapun tak memberikan apa-apa bagi Facebook. Sebenarnya, perusahaan harus mempertimbangkan iklan online, termasuk yang ditawarkan oleh Facebook. “Lebih dari 90 persen penggemar tak mengunjungi website perusahaan,“ jelas Peiniger.

“Konten yang relevan biasanya diperoleh melalui Newsfeed mereka,” tambahnya. Dari sini kita bisa melihat, Facebook sebenarnya lebih besar dari sekadar website Facebook.com dan Mobile-App. Facebook banyak tersembunyi sebagai LikeButton dan angka pixel dalam berbagai website lain yang jumlahnya tak terhitung. Perusahaan raksasa tersebut dapat melacak apa-apa saja yang dilakukan pengguna di luar jaringan. Dari sisi privasi data, hal tersebut memang problematis.

Namun itu merupakan nilai lebih bagi perusahaan. Untuk pertama kalinya mereka dapat menentukan konsumen potensial di mana saja melalui Internet. Cara marketing semacam jelas tidak dibuka oleh Facebook. “Akhirnya mereka memiliki kuasa atas arus pengunjung,“ jelas Peiniger. Kalau saja publik menentang metode yang dijalankan tersebut, Facebook dalam bahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *